Setelah lumayan lama aman, masalah power window Honda BRV yang saya pakai sehari-hari kembali muncul.

Kejadiannya persis sama dengan kejadian duluan, kira-kira setahun lalu. Posisi kaca yang bermasalah juga sama, pintu penumpang depan alias pintu depan kiri.

Mulainya kadang mau kadang nggak dinaikkan. Kalau turun lancar. Kalau naik mesti beberapa kali tarik lepas tombol, nanti entah setelah berapa kali dia mau naik. Setelah beberapa lama, naiknya makin susah. Perlu dibantu dari tombol sentral di pintu sopir. Lama-lama ditarik dari pintu sopirpun mulai main-main, kadang mau kadang nggak, perlu beberapa kali tarik.

Masalah Power Window Honda BRVSeperti biasa, kalau masih bisa meskipun agak ngeselin, males juga sengajain mesti ke bengkel cuman buat service power window saja. Apalagi bengkel service power window di Bali nggak banyak bertebaran kayak di kota-kota besar lain, jadi ya terpaksa harus ke bengkel resmi. Kepikirnya “Ya sudah sekalian service rutin sajalah nanti”, sesederhana itu.

Sialnya setelah sekitar 2 bulanan dari pertama kali bermasalah, akhirnya sama sekali nggak berfungsi dimana kaca bisa turun lancar, setelah itu nggak mau naik lagi. Dicoba-coba puluhan kali tarik tekan, dicoba dari pintu sopir, tetap nggak bisa. Untungnya kejadiannya pagi dan hari kerja, jadi bengkel resmi Honda di Bali pada buka, meskipun terpaksa antri karena masuk tanpa booking.

Perbaikannya sendiri kayaknya nggak lama, sepertinya nggak sampai sejam. Nggak pake bayar apa-apa juga yang jelas artinya nggak ada acara ganti spare part. Cuman nunggu antriannya itu aja yang agak-agak. Kebetulan memang waktu itu menjelang akhir bulan puasa, sudah dekat lebaran, jadi bengkel resmi Honda di Bali rata-rata kebanjiran mobil-mobil yang sengaja cek up untuk siap-siap dibawa mudik.

Nah sekarang ini kejadia lagi. Persis sama, sekitar sebulan apa dua bulan lalu, kaca penumpang depan mulai main-main. Persis sama, dinanti-nanti dengan pikiran sekalian service rutin. Persis sama, waktunya service rutin belum nyampe udah keburu macet total. Persis sama, antrean bengkel lumayan panjang karena seperti kebanyakan kantor dan tempat usaha, bengkel Honda di Bali baru pada libur 3 hari berturut-turut untuk merayakan Galungan.

Jadi inilah saya terdampar lagi di bengkel nunggu antrian untuk service power window Honda BRV yang mogok lagi.

Iseng sambil nunggu, saya mulai browsing-browsing mencari referensi mengenai keruasakan power window Honda BRV melaui Google dan Youtube. Penasaran juga soalnya. Mobil saya belum tua-tua amat. Waktu kejadian pertama sekitar setahun lalu, mobil saya umurnya baru setahun lebih. Kampas rem saja belum ganti, masa iya power window bermasalah duluan. Sekarang meskipun kilometernya sudah 80 ribuan, umurnya baru dua tahunan. Ban aja baru ganti beberapa minggu lalu. Busi baru ganti sekali. Masa iya power window udah rusak. Lagian buka tutup kaca juga jarang-jarang karena hampir selalu AC hidup.

Baru ngeh, meskipun yang khusus membahas kerusakan power window Honda BRV jarang banget, tapi yang membahas masalah power window mobil Honda lain, terutama Mobilio dan Brio bejibun. Masalahnya rata-rata juga sama, kaca penumpang depan main-main. Kaca di pintu-pintu lain sepertinya pada aman-aman aja. Rasa-rasanya memang BRV, Mobilio, dan Brio ini sebelas dua belas. Jadi kondisinya nggak akan beda-beda banget, lha partnya aja banyak yang sama.

Apa masalah power window Honda BRV dan saudara-saudaranya ini memang masalah umum? Entahlah. Tapi koq sepertinya begitu.

Saya memang agak kederan sama masalah power window ini. Dulu-dulu perbaikan masalah power window BMW seri 3 sekali rusak bisa jutaan. Begitu juga power window Ford Ranger yang juga parkir di garasi saya, lumayan menguras isi kantong. Tapi setelah saya cari-cari di Toped, spare part power window Honda BRV harganya nggak mahal-mahal amat. Regulator power window BMW seri 3 memaksa saya merogoh saku hampir 3 juta, untuk regulator power window Honda BRV di Toped harganya cuma 300 ribu saja. ya di bengkel resmi pastilah mahalan tapi kan kalopun sampe 2 kali lipat tetep cuma 60p ribu.

Di Youtube ternyata banyak video DIY alias “do it yourself” perbaikan masalah power window mobil Honda Mobilio yang dalam banyak hal setali tiga uang dengan Honda BRV.

Semua video-video yang saya temukan di Youtube merujuk pada persoalan yang sama, kaca pintu penumpang depan. Penyebanya juga semua sama, switch, tombol yang ditarik untuk membuka dan ditekan saat menutup itu. Mau diganti harganya nggak mahal. Cek Toped harga switch power window Honda BRV hanya di kisaran 200-250 ribu saja. Tapi ternyata itupun tidak perlu. Cukup sediakan sedikit waktu dan ketelatenan untuk membersihkan kutub-kutub di dalam body switch untuk melancarkan aliran listrik, dan masalahpun teratasi.

Berapa biaya perbaikan power window Honda BRV dengan cara DIY ini? Gratis. Berapa banyak waktu yang diperlukan? Kalau lihat di Youtube sih kayaknya nggak sampai sejam. Mungkin sekitar 30 menitan saja.

Okelah. Mobil terlanjur masuk bengkel dan saya terlanjur ditanam menunggu berjam-jam disini. Lain kali kalau masalahnya muncul lagi, dan meskipun nggak ngarep tapi liat polanya saya yakin akan muncul lagi, akan saya coba DIY membersihkan kutub-kutub di switch.