Segelas Espresso

Kopi Harus Pahit

Seperti halnya gula yang harus manis atau garam yang harus asin, bagi saya kopi harus pahit. Rasa pahit dan getir di lidah itu justru esensi kenikmatan kopi. Mungkin memang tidak semua orang memiliki lidah yang bisa menerima rasa itu dan karenanya lebih suka mencampur. Saya cenderung memandang warna sebagai hitam putih, aneka gradasi abu-abu sulit saya terima. Begitu juga soal rasa, saya lebih memilih yang jelas, bukan campur-campur.

Baca Lanjutannya
Biji Kopi Siap Giling

Kopi Harus Keras

Kalau petinju memukul lawan pelan-pelan, gimana bisa jatuh. Keyakinan saya dalam hidup juga begitu, ketika kita melakukan sesuatu, injek gas dalem-dalem, jangan pelan-pelan apalagi ragu-ragu, karena sudah pasti hasilnya juga gak akan maksimal. Kopi juga mesti begitu, mesti keras, nonjok mata bikin melek. Kopi yang disimpan lama supaya keasamannya hilang, atau kopi decaf yang sudah dihilangkan kafeinnya koq rasanya cemen banget.

Baca Lanjutannya
Secangkir Kopi Panas

Kopi Harus Panas

Kenapa kopi tubruk di tanah air atau espresso di barat sana selalu disajikan panas dan dalam ukuran cangkir kecil? Dalam kondisi panas efek kopi benar-benar maksimal dan karena itu kita tidak perlu mengkonsumsinya terlalu banyak. Kopi yang disajikan dingin pasti dalam gelas besar, rasa kopinya samar-samar, efeknya juga. Sebagian orang menggunakan rasa haus sebagai alasan, tapi bagi saya, kalau haus ya memang bukan kopi jawabannya. Air kelapa muda jauh lebih pas.

Baca Lanjutannya

Filosofi Kopi Dalam Kehidupan

Sebagai penggemar kopi saya memang sering kali mengamati kopi dari berbagai sisi kemudian menghubungkannya ke dalam kehidupan sehari-hari. Dari situ saya banyak melihat hubungan yang erat diantara keduanya, sehingga lama-kelamaan saya mulai menjadikan “filosofi kopi” sebagai bagian dari cara saya memahami diri saya sendiri, cara saya memahami, berfikir, dan berbuat.

Sebagian diantaranya, kalo sempet, saya tulis disini, di bawah situ tuh. Jadi ini memang benar-benar blog, jurnal pribadi, catatan harian, sama sekali nggak ada tujuan bisnis, komersial, atau apapun. Ada yang baca ya silahkan, nggak pun ya nggak apa-apa, karena memang tujuan saya hanya mencurahkan. Beda-beda dikit dengan anak-anak galau yang curhat dengan teman lah. Bisa benar bisa salah, bisa baik bisa buruk, bisa menyenangkan atau justru menyinggung. Tapi ya namanya juga catatan pribadi saya sendiri, kalo nggak suka ya salah sendiri ngintip.

  • Rescue Anjing Bali

Rescue Anjing Bali

October 28th, 2020|0 Comments

Rescue anjing Bali merujuk pada aktivitas penyelamatan terhadap anjing di Bali yang mengalami kondisi memprihatinkan akibat berbagai macam alasan. Kelaparan, sakit, tua, dibuang, disiksa, dieliminasi, bahkan dibunuh untuk dimakan. […]

  • Akupunktur Hewan

Terapi Akupunktur Hewan di Bali

October 6th, 2020|0 Comments

Seperti di banyak kota besar lainnya terapi akupunktur hewan di Bali mulai banyak diminati sebagai pengobatan alternatif untuk berbagai gangguan kesehatan pada hewan keaayangan, selain tentunya pengobatan medis oleh dokter hewan. Rasanya saya bukan termasuk [...]

  • Power Window Honda BRV

Power Window Honda BRV

September 18th, 2020|0 Comments

Setelah lumayan lama aman, masalah power window Honda BRV yang saya pakai sehari-hari kembali muncul. Kejadiannya persis sama dengan kejadian duluan, kira-kira setahun lalu. Posisi kaca yang bermasalah juga sama, pintu penumpang depan alias pintu [...]

  • Mutasi Kendaraan ke Bali dengan Biro Jasa

Mutasi Kendaraan ke Bali dengan Biro Jasa

January 29th, 2020|0 Comments

Kebetulan saya punya kendaraan yang cukup berumur dan terregistrasi di luar daerah. Sayangnya selama ini saya tidak bisa melakukan mutasi kendaraan ke Bali karena terkendala aturan pembatasan umur kendaraan. Tadinya untuk kendaraan pribadi Bali memang [...]

Dagelan 3-0 Ala Haboburokhman

January 8th, 2019|0 Comments

Rajin menghibur dengan kontroversi heboh yang justru menjadi lawakan konyol, sudah lama sosok petinggi Gerindra bernama Habiburokhman ini tidak muncul. Kangen juga sih. Rasa-rasanya terakhir kita dibuat ngakak berhari-hari itu saat dia mencoba mengolok-olok hasil [...]

  • Kopi Manual Brew di J.CO Denpasar

Kopi Manual Brew di J.CO Denpasar

February 8th, 2018|0 Comments

Sebagai penggemar kopi single origin yang disajikan dengan teknik manual brew, saya memang cenderung menghindari kedai-kedai kopi modern yang cenderung menggunakan mesin kopi modern untuk menyajikan kopi ala barat yang kebanyakan menambahkan susu. Bukan karena [...]

  • Branding Mobil di Bali

Branding Mobil di Bali

December 23rd, 2017|0 Comments

Setelah cukup lama vakum, beberapa bulan terakhir ini saya gaspol lagi untuk merintis bisnis baru. Seperti biasa, tentunya diawali dengan berbagai riset. Dari riset konsumen, riset produk, riset kompetisi, dan lain-lain. Setelah sejumlah instrumen dibangun [...]

  • Wagub Sandi Uno Untung Besar

Wagub Sandi Uno Untung Besar Modali Pilkada

May 1st, 2017|0 Comments

Mungkin salah ya, bukan Wagub Sandi Uno karena Wagub DKI sejarang masih Pak Djarot. Tapi Pilkada sudah lewat, dan meskipun KPU belum melansir pengumuman resmi, tapi dari quick count Pilkada DKI yang dilakukan sejumlah lembaga [...]

  • Potensi Bisnis Digital Indonesia

Potensi Bisnis Digital Menggilas Apapun

March 22nd, 2017|1 Comment

Potensi bisnis digital untuk menghasilkan pendapatan sepertinya sudah difahami semua orang. Hanya saja nampaknya masih banyak orang yang belum sadar bahwa potensi bisnis digital menghasilkan pendapatan itu harus dibayar dengan tergusurnya model bisnis tradisional yang [...]

Toleransi di Bali Nggak Kayak “Cocot” Munarman

March 12th, 2017|0 Comments

Meskipun Pilkada serentak baru-baru ini diselenggarakan di lebih dari 100 wilayah di tanah air, mata masyarakat Indonesia bahkan dunia tersorot hanya ke satu titik saja, DKI Jakarta. Keunikan dimana salah satu calon yang kebetulan juga [...]

  • Selamat Jalan Tommy Page

Selamat Jalan Tommy Page

March 6th, 2017|0 Comments

Tommy Page meninggal dunia. So what? Memang siapa dia? Rasanya seumur-umur saya belum pernah menulis sesuatu tentang meninggalnya seseorang. Atau mungkin pernah, saat ibu saya berpulang. Apalagi kalau sosok itu sama sekali tidak saya kenal [...]